Ribuan Siswa Ramaikan Harkitnas di Purbalingga

PURBALINGGA, Berita Perwira

Pusat Kota Purbalingga dipenuhi lautan manusia, Senin (21/5). Dari bayi, anak-anak, remaja, orang tua, laki-laki, dan perempuan tumplek blek. Mereka ingin menyaksikan pawai parade seni siswa dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2012.

“Sudah lama acara seperti ini kami tunggu-tunggu. Ini menjadi hiburan murah meriah bagi kami wong cilik. Selama ini Purbalingga sangat jarang ada kegiatan hiburan. Karena itu saya mengajak semua anak saya untuk nonton pawai,” ujar Solihun, warga Kalikabong.

Pawai ini memang menarik bagi masyarakat Purbalingga yang haus hiburan, karena diikuti 147 sekolah dari TK sampai SMA/SMK/MA dari 18 kecamatan. Tak kurang dari 4.800 siswa menjadi peserta parade seni yang dibuka oleh Bupati Heru Sudjatmoko ini.

Khusus untuk TK, panitia menyiapkan dua panggung di bawah pohon beringin di Alun-alun. Sebanyak 36 TK formal dan nonformal tampil di dua panggung itu. Penampilan mereka dinilai oleh para juri. Kebanyakan menampilkan seni tari, baik tradisional maupun modern.

Sementara 29 SD, 37 SMP, 23 SMA/MA, dan 22 SMK unjuk kebolehan on the street. Mereka start dari Gang Mayong, menyusuri Jalan Jenderal Sudirman, tampil di depan panggung kehormatan di depan Pendapa Dipokusumo, dan selanjutnya finish di perempatan Mandiri.
Mainkan Gamelan

Para siswa menampilkan kesenian tradisional dan modern. Untuk siswa SD, kebanyakan menampilkan marching band dengan berbagai variasi. Adapun SMP, selain marching band, banyak juga yang menyuguhkan kesenian tradisional.

Ada pula peserta yang memainkan gamelan di atas truk. Penampilan kolosal ditunjukkan puluhan siswa SMPN 1 Padamara. Mereka mampu menunjukkan koreografi dengan apik. Penampilan ditutup dengan terbukanya spanduk setelah dipanah.

Masyarakat dibuat tertawa, ketika ada salah satu sekolah yang kehabisan waktu tampil di depan panggung kehormatan. Sekolah itu hanya diberi waktu 3 menit untuk tampil.

Lagu Iwak Peyek, rupanya digandrungi peserta. Terbukti lagu tersebut sering dimainkan oleh peserta, baik dengan marching band maupun alat musik tradisional. Wakil Bupati Sukento dan Kepala Dinas Pendidikan Heny Ruslanto menyempatkan diri ikut menari bersama salah satu peserta.

http://www.beritaperwira.com/daerah/201205/ribuan-siswa-purbalingga-ramaikan-harkitnas/

Categories: Berita, Seputar Purbalingga | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: