Dinas Pendidikan Dorong SMK Dibuat Setara D1

PURBALINGGA – Kepala Dinas Pendidikan, Heny Ruslanto mengatakan, ke depan pihaknya akan membuat SMK menjadi program studi empat tahun yang setara dengan D1. Saat ini dengan pendidikan tiga tahun maka lulusan SMK menjadi ahli madya.

“Tetapi kalau setara dengan D1 menjadi calon juragan,” katanya, Rabu (7/3).

Untuk itu dinas akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi. Dia yakin rencana ini akan mendapat respon positif dari masyarakat, serta dunia industri dan dunia usaha. “SMK tak boleh egois hanya memikirkan sekolahnya sendiri. SMK harus pula memikirkan kebutuhan dunia kerja,” ujarnya.

Dia menambahkan, rasio ideal jumlah siswa SMK dan SMA menurut kebijakan pusat adalah 70 persen dan 30 persen. Sementara di Purbalingga saat ini baru 62 persen SMK. Harapannya, tahun 2013 rasio sudah 70 persen dan 30 persen.

“Paling tidak rasionya bisa mendekati angka itu. Ini bukan berarti kita akan mendirikan SMK baru melainkan dengan mengembangkan SMK yang sudah ada, termasuk swasta,” katanya.

Heny meminta SMK untuk tidak membuka jurusan baru yang sudah ada di SMK lain. Saat ini di Purbalingga terdapat 26 SMK negeri dan swasta. Jurusan yang paling banyak adalah teknik otomotif.

Categories: Berita, Seputar Pendidikan, Seputar Purbalingga | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: