Purbalingga Urutan Keempat Survey Daya Saing 2010 Se-Jateng

PURBALINGGA (RSP) – Kabupaten Purbalingga meraih peringkat keempat dalam Survei Daya Saing Daerah di Jawa Tengah 2010. Dalam ranking ini, Purbalingga dengan poin 5,27 berhasil mengalahkan kota-kota yang lebih besar seperti Surakarta dan Semarang.

“Survey yang kami lakukan ini bersifat over all, artinya banyak sekali aspek yang kita nilai.  Kalau dari sisi pengusaha besarnya, kota seperti Semarang dan Solo mungkin memang teratas.  Tapi, kita juga mempertimbangkan aspek lain seperti pemberdayaan UKM-nya, kinerja pemerintahannya, infrastruktur, dan sebagainya,” ujar Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jateng, dr Anung Sugihantono MKes, usai mempresentasikan Hasil Survey Daya Saing Kabupaten Kota se-Jawa Tengah di Ruang Rapat Bupati, Kamis (17/2).

Survey ini sebagai bentuk kerjasama BPMD dengan beberapa organisasi penyandang dana baik dalam maupun luar negeri.

Dalam survey yang melibatkan 2.100 responden yang terdiri dari pengusaha mikro, kecil, menengah, dan besar, serta para pejabat pemerintah, Kota Magelang menempati urutan tertinggi di antara 35 kota/kabupaten se-Jawa Tengah, dengan meraih skor 6,08.  Setelah Kota Magelang, masuk peringkat sepuluh besar, yakni Kabupaten Banyumas dengan skor 5,55,  Kabupaten Kudus (5,35),  Kabupaten Purbalingga (5,27), Kota Surakarta (5,05),  Kabupaten Wonogiri (5,02),  Kota Semarang (5,00),  Kota Salatiga (5,00),  Kota Tegal (4,96), dan Kabupaten Boyolali (4,77).

Anung menambahkan, peringkat tertinggi di Jawa Tengah sekalipun ternyata hanya masuk kategori cukup di tingkat nasional. Meski demikian, Jateng masih menempati posisi kedua setelah Sulawesi Selatan.

“Yah, memang rata-rata kabupaten kota di Indonesia daya saingnya relatif rendah. Dari hasil survey ini, kita berharap masing-masing kabupaten/ kota mau bergerak memperbaiki kelemahan-kelemahan yang berhasil kita bidik dalam suvey ini,” lengkapnya.

Kabupaten Purbalingga sendiri memiliki sejumlah kelemahan yang perlu penanganan segera.  Kelemahan Purbalingga terletak pada PDRB per kapita, pertumbuhan kredit, tingkat kredit macet, ketersediaan anggaran promosi investasi, realisasi investasi, ketersediaan pasar, ketersediaan informasi investasi teraktual dan peningkatan kualitas informasi, peningkatan jumlah lembaga keuangan, dan sebagainya.

Sementara dari sisi keunggulannya, Purbalingga memiliki nilai positif pada konsistensi aparatur pemerintahan, waktu yang snagat singkat untuk membuat SIUP/ TDP, kepatuhan investor membuat ijin membuat persentase perusahaan berizin meningkat pesat, optimisme dunia usaha terhadap masa depan, hampir tidak ada biaya tambahan untuk operasi bisnis, rendahnya jumlah regulasi yang menghambat, jumlah jalan beraspal dan perawatan infrastruktur yang baik, dan masih banyak lagi.

Wakil Bupati Drs Sukento Ridho Marhaendrianto MM meminta para stakeholder terutama yang duduk di pemerintahan untuk mempelajari hasil survey ini dan segera menyamakan persepsi untuk menindaklanjutinya. Tindak lanjut yang dimaksud antara lain berupa workshop diagnostik survey daya saing untuk mempermudah para stakeholder memperbaiki kondisi daya saing Purbalingga yang relatif masih tertinggal, meskipun masih bisa dikatakan cukup.

“Jangan berpuas hati dengan ranking 4.  Jangan berbangga diri dengan kategori cukup.  Justru kita perhatikan betul kelemahan-kelemahan kita itu untuk segera diperbaiki,” tegasnya di hadapan beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkompeten dalam aspek ekonomi. (RSP/cie-HR)

http://suaraperwirapurbalingga.wordpress.com

Categories: Berita, Seputar Purbalingga | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: